Senin, 24 Mei 2010

Refleksi Pendapat saya mengenai Pendidikan Kewarganegaran

Pandangan atau pemahaman saya mengenai Pendidikan Kewarganegaraan

Semenjak kita mengenal Pendidikan Dasar di sekolah,Pendidikan Kewarganegaraan telah kita terima dari ibu/bapak guru kita di Sekolah. Bertahun-tahun kita mempelajari semua hal yang berkaitan dengan kewarganegaraan.Dimulai dari cara kita berperilaku, cara hidup gotong royong,pemeliharaan lingkungan,sikap demokratis dan nilai-nilai Pancasila,menghargai hak orang lain,kejujuran,disiplin, dll.

Materi Pendidikan diberikan kepada Pelajar/Mahasiswa diharapkan agar Pelajar/Mahasiswa menjadi seorang yang mandiri, terpelajar,bermoral dan beretika.Hal ini sangatlah penting karena Pelajar/Mahasiswa merupakan faktor penentu kelangsungan hidup dan kejayaan bangsa dan negara,sehingga kelak dapat memahami kondisi negaranya dan ikut berpartisipasi dalam hal bela negara.

Pendidikan Kewarganegaraan pada hakikatnya adalah upaya sadar dan terencana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa bagi warga negara dengan menumbuhkan jati diri dan moral bangsa untuk melaksanakan hak dan kewajiban demi kelangsungan kehidupan dan kejayaan bangsa dan negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar